Thursday, June 26, 2008

hari 2, kamis 5 juni 08

Day 2
08.00
Setelah doa bareng kami sarapan nasi pecel. Penjual nya tante2 chinese.
Kami mampir toko gunung mas, toko kelontong gitu loohhh...mereka suka bgt ke sana karena lengkap katanya. Namannya aja so chinese! gunung mas!
Tp pagi itu purpose nya pengen liatin anaknya, cakep bgt kt mereka. Duo ibu anak ini memang...Tp boro2 ketemu anaknya, yg jaga papanya n maminya nongol, aduhhh bu sukardi bilang "Ini loh mo ketemu ma sinyo nya." Heeeengg...*blush on*.... N maminya lgs bilang "Ah, mana mau hidup di kota kecil begini." YAP! Pinter ayi ini! End of match maker matter.

Pemberhentian pertama - MAkam BUng Karno
Kami di drop di makam bung karno. Wooowww..bangunan modern apakah itu?!?!?! Itu perpustakaan dan museum. Kami masuk museumnya dulu. Banyak tulisan2 "Anda tidak pelru membayar apa2".
Aku suka liat foto2nya. Walo menurutku urutan kronologisnya ga tertib tp yah, dinikmati aja lah. Keterangan foto pun dlm bahasa indo, inggris, belanda (kali ya), campur baur, ga seragam. Tapi paling tidak memang membawa kembali kenangan terhadap Sukarno yg semangat, berapi2, kolersi, bervisi, bener2 org cemerlang, percaya diri, berpandangan ke depan.
Hari itu ramai sekali, berkali2 rombongan anak SD lewat. Keluar dr museum diserbu penjual suvenir.
Nyeberang ke perpustakaan. Barang2 mesti dititpin,ternyata ini semacam perpus umum Ada 1 ruangan khusus referensi n koleksi ttg bung karno. Weuh, kerennn! Aku n Irma sama2 nyaut 1 buku, dia mah 2-3 buku:D ACnya dingiiin..

Kami naik ke atas n foto2, lantai 2 hanya sebagian kecil yag boleh digunakan.
Dan kami menuju ke pendopo makam Bung Karno. Disapa ma bapak2, ternyata org Humas, mo ada kedatangan rombongan dr sby, peserta diklat something.
Ornamen2, ukiran2, pendopo nya luarrr biasaaaaa......dan katanya si, kalo moto batu nisannya isa keluar kayak sosok singa nya. Aku si ga isa kethokan, egp :p Jalan keluarnya kita kecanthol ma stan2 suvernir. BIngung juga cari suvernir. Selain baju, trend nya benda2 bikin ribut, eh, suara. Suling-lah, perkusi-lah, apa aja de yg isa bersuara. Ada bbrp marmer, tp itu kan khas tulung agung bok.

12.30
Kami sampe di Penataran, ngga jauh dr makam BK tadi. Wih, panaas n terik bangeet. Seperti kuduga, tampang turis kami gampang attrack attention. Kami dicegat utk ngisi buku tamu, n sumbangan sukarela of course...Heran, kalo mereka emang butuh knp ga ada karcis retribusi kek, heran...ga mudeng aku.
Kami emang salah jam kali ya, Di saat org2 mulai buyar utk berteduh kita baru dateng. Tp jd asik! Foto2 ga ada org2 sliweran.
Ada kolam pemandian kecil, kecil banget kata Irma dulu ga segitu de. Tp airrnyaaa jerniiih bangeeet. Di bawah keteduhan kami nongkrong2, liat2 ikan di bawah. Nyamaan banget:D

13.15
Jalanan menuju ke Kelud lewat daerah Nglegok (sepelan "e" nya seperti di kata "serong ke kanan"). Wuiiih, indaaaah puoooll. Penuh dengan tanaman tebu yg berbungaaa..... Dengan background gunung.
Ijo kanan kiri. Seneng banget. Bu Sukardi mungkin heran, org kota nih apa si yg dilihat, kita si lihat beginian setiap hari:p
Daerah2 sekitar Kelud jg mayan makmur loh. Rumah2 penduduk tu apik2, dlm arti uda ga gubug, tembok smua, dgn style mayam modern lah. Denger2 slain tanah yg subur kebanyakan mereka TKW atuh...pahlawan devisa...

14.00
Kami sangat beruntung datang bukan sabtu minggu. Krn hari2 itu, jalan menuju Kelud ditutup, ojek beraksi dengan tarif sekitar 10rb sekali jalan. Mau jalan ? Ya masi jauuuh. Sepiii ga ada manusiaaa. Papasan ma 1 xtrail doank. Trus mestinya si kami lapor, tp krn ga mudeng ya uda terus aja, ketemu warung di gate yg ditutup (scr resmi emang Kelud ga bole dikunjungi, dasarane org Indo). Kami, aku , Irma, pak Pit jalan. Bu Sukardi menunggu di warung ajah:D
Kawah ijo yg indah itu dah ga ada. Tertutup smua ama anak gunung baru. Kami bahkan sudah tdk bisa lihat lahar meleleh keluar kalo sore2. Uda 2 th sejak letusan itu..yah...
Sepi, sejuk, asap2 keluar dr samping2 n bawah gunung kecil itu.

chloe: nikonkuuu.....mampuss....huuuuuuuu *groaning, mourning*
mee lan: bagoeess...kakiku yg aboh dulu kok tanda2 kemeng maneh yo....


more pictures:
Makam BK, Penataran, Kelud






2 comments:

Pre-chan said...

liputan kek gini masukin peta wisata sekalian po'o, byor :D

yenny said...

hieee.....

yak apa lek u seng me-repot-kan ulang Pre!:D
kan tulisanmu psti lbh enak dibaca, demi petawisata juga, hehehe
*ngacir*