Sunday, May 04, 2008

Tips 1 go green



Apa yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan bumi dari pemanasan global?
Satu langkah mudah yang bisa kita lakukan mungkin saja berarti satu langkah besar bagi penyelamatan bumi. Mari kita mulai dari diri sendiri.
Tips yang pertama adalah hindari pemakaian tas kresek atau usahakan menggunakan kembali tas kresek yang sudah ada. Belilah tas plastik besar yang cukup tahan lama untuk dapat dibawa pada waktu berbelanja. Lebih baik lagi bila kita bisa menggunakan tas yang terbuat dari goni, kain atau bahan alami lainnya dan gunakan berulang kali!

Salah satu fakta penting dari kantong plastik yang kita peroleh dari berbelanja adalah bahwa kantong plastik tersebut mungkin sekali berakhir untuk menimbun tanah (landfill). Setiap tahun lebih dari 5 triliun plastik kresek terdistribusi hanya kurang dari 3% saja yang didaur ulang.

Tas kresek biasanya terbuat dari plastik jenis Polypropylene atau Polyethylene (nama yg keren bukan?), yang belum tentu dalam 1000 th akan ter-biodegradasi sempurna, lebih parah lagi bila kita menggunakan plastik-plastik ini untuk menimbun tanah, plastik dapat mengeluarkan emisi gas rumah kaca.

Jadi...gunakan kantong kresek dengan bijak! Selamat berbelanja dengan lebih HIJAU!

Disarikan oleh: Ely N Sadjiarto - komisi dewasa muda GKI manyar
Diedit seperlunya by me

5 comments:

sus said...

yen', gak kamu kasih link tentang babytree itu, bisa untuk membantu pemanasan global juga ;)

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

..oo itu yah sebabnya kamu selalu bawa tas gede..hihihi

tapi aku jg gitu kok..
selain sebagai kamuflase biar gak diliatain orang lagi belanja apa, juga untuk hal2 semacam ini.. ahaha

*me and my nike medium duffel-bag"

Carla Chanliau said...

tas plastik itu susah deh. kalo aku belanja di carrefour, mereka suka kasih aku kantong belanja kecil2 yg akhirnya nanti ga kepake. kepake pun buat buang sampah. pada akhirnya nimbun juga di tanah. mestinya perusahaan2 besar kali yg harus ditatar kesadarannya ya?

pyor said...

utk mas ZZZ: itu tidak sengaja, tp asik juga bawa tas gede, praktis, cuma kalo penuh ga enak >:(

utk carla: he-eh, kalo pemerintah lbh concern, bawah2 juga lbh enak ngaturnya. tp ga ada salahnya dimulai dr kita2 dulu, just doing our part :D